Lumsdaine
berpendapat bahwa ilmu perilaku, khususnya teori belajar, merupakan ilmu yang
utama untuk memperkembangkan teknologi pembelajaran. Bahkan Deterline
berpendapat bahwa teknologi pembelajaran merupakan aplikasi teknologi perilaku
yaitu menghasilkan perilaku tertentu secara sistematik guna keperluan
pembelajaran (Miarso, 2011 : 111).
Dalam
pengembangan teknologi pendidikan yang senantiasa berhubungan dengan program
pendidikan untuk kepentingan peserta didik, maka landasan psikologi mutlak
harus dijadikan dasar dalam proses pengembangan teknologi pendidikan.
Perkembangan yang dialami oleh peserta didik pada umumnya diperoleh melalui
proses belajar. Guru sebagai pendidik harus mengupayakan cara / metode yang
lebih baik untuk melaksanakan proses pembelajaran guna mendapatkan hasil yang
optimal, dalam hal ini proses pembelajaran mutlak diperlukan pemikiran yang
mendalam dengan memperhatikan psikologi belajar
Selain
itu aplikasi psikologi sosial dalam teknologi pendidikan adalah yang menyangkut
dengan aspek-aspek perilaku dalam ruang lingkup belajar mengajar. Secara
psikologis, manusia adalah mahluk individual namun juga sebagai makhluk social
dengan kata lain manusia itu sebagai makhluk yang unik. Maka dari itu kajian
teori dalam psikologi dalam Teknologi pendidikan seharusnya memperhatikan
keunikan yang dimiliki oleh setiap individu baik ditinjau dari segi tingkat
kecerdasan, kemampuan, sikap, motivasi, perasaan serta
karakteristik-karakteristik individu lainnya. Dan strategi belajar seperti itu
terdapat dalam kajian ilmu Teknologi Pendidikan.
Pengaplikasian
teori psikologi terhadap teknologi pendidikan sangat erat karena dalam membuat
strategi belajar dan untuk mengetahui tehnik belajar yang baik maka terlabih
dahulu kita sebagai guru harus mengerti ilmu jiwa.
Psikologi
sosial merupakan perkembangan Ilmu Pengetahuan yang baru, dan merupakan cabang
dan Ilmu Pengetahuan Psikologi pada umumnya. Ilmu tersebut menguraikan tentang
kegiatan-kegiatan manusia dalam hubungannya dengan situasi-situasi sosial,
seperti situasi kelompok, situasi massa dan sebagainya; termasuk di dalamnya
interaksi antar orang dan hasil kebudayaannya.
Aplikasi
psikologi sosial dalam teknologi pendidikan adalah yang menyangkut dengan
aspek-aspek perilaku dalam ruang lingkup belajar mengajar. Secara psikologis,
manusia adalah mahluk individual namun juga sebagai makhluk social dengan kata
lain manusia itu sebagai makhluk yang unik. Maka dari itu kajian teori dalam
psikologi dalam Teknologi pendidikan seharusnya memperhatikan keunikan yang
dimiliki oleh setiap individu baik ditinjau dari segi tingkat kecerdasan, kemampuan,
sikap, motivasi, perasaan serta karakteristik-karakteristik individu lainnya.
Dan strategi belajar seperti itu terdapat dalam kajian ilmu Teknologi
Pendidikan.
Jadi
dapat disimpulkan bahwa pengaplikasian teori psikologi terhadap teknologi
pendidikan sangat erat karena dalam membuat strategi belajar dan untuk
mengetahui tehnik belajar yang baik maka terlabih dahulu kita sebagai guru
harus mengerti ilmu jiwa.
DAFTAR
PUSTAKA
Ahmadi,
Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Miarso,
Yusufhadi., 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Syah,
Muhibbin., 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Amarlis,
2013 . Landasan Teori Psikologi.
http://blogmarlis.blogspot.com/2013/05/makalah-landasan-teori-psikologi.html.
diakses pada tanggal 07 Oktober 2013.
0 komentar:
Posting Komentar